Sabtu, 11 Januari 2014

Modif Reed Valve ala Boyesen


Namanya Reed Valve, para enthusiast 2 tak pasti sangat mengenal  tentang komponen penentu takaran asupan makanan bagi si mesin ini. yaitu sebuah katup berbentuk seperti membrane yang akan terbuka saat keadaan vakum. Keadaan vakum akan terbentuk sesuai prinsip kerja mesin 2 tak yang mengadopsi teknologi kompresi primer pada crankcase. Cara kerjanya terbilang simple dibandingkan dengan klep yang terdapat di mesin 4 tak, cukup mengandalkan keadaan vakum saja.


Luas membrane, jumlah membrane, dan material membrane adalah penentu karakter mesin yang akan dibuat. Misalnya, motocross memerlukan torsi melimpah di putaran RPM bawah, maka dibutuhkan katup yang cepat merespon. Yaitu memakai material fiberglass. Namun jika diterapkan pada motor roadrace yang bermain di RPM yang tinggi, maka katup akan telat menutup dan pembakaran jadi kacau alias batuk batuk. Digantilah dengan yang berbahan carbonfiber yang sifatnya lebih kaku dari fiberglass.


Nah gimana sih caranya agar tenaga motor merata dari putaran bawah sampai atas? Saya terinspirasi oleh produk yang dikeluarkan oleh boyesen. Keuntunganya karena terdapat 2 lapis membrane yang akan saling mengkoreksi pada putaran mesin tertentu. Harga yang ditawarkan cukup mahal bagi saya yang masih pelajar. Tapi kualitas jangan nanya deh. Yaudah kalau begitu kita nekat buat saja. Siap-siap trial & error nya yah. Hehehe

1.       Untuk varian ninja 2 tak varian naked ( ninja R dan ninja SS ), buka dahulu panel samping menggunakan kunci motor, lalu tarik pengait agar kunci terlepas. Lakukan juga untuk panel sebelahnya.

2.       Untuk membuka jok, lepas kedua baut (ukuran 10 ) di samping belakang jok. Lalu tarik jok kearah belakang, lalu lepaskan.

3.       Sebelumnya lepas selang bensin dan konektor kabel indikator bensin. lalu Lepas satu baut ( ukuran 10 ) pada tangki bagian belakang. Tinggal diangkat deh, oh ya ada saluran pembuangan juga akan ikut terangkat.

4.       Kendurkan clamp filter udara yang ada di karbulator, copot ketiga baut pada box filter, lalu copot dengan hati-hati.

5.       Lepas karbulator dengan mengendorkan clamp dulu. Hati-hati bensin tumpah. Kalau kotor dibersihin deh karbunya. Kan lumayan servis gratis huehehehe.

6.       Lepas keenam baut intake, lalu lepas Reed valve perlahan dengan mengetuk bagian yang sudah disediakan ( lihat gambar ). Kalau gasket/paking  sudah rusak sebaiknya diganti.
 
 
 
 

7.       Tinggal dilepas deh komponenya. Untuk membuatnya kita membutuhkan 4 lembar membrane. Lalu potong menggunakan cutter sesuai bentuk seperti model Boyesen. Saya gak pake rumus jadi mencontoh aja. Maaf ya.
 
 

 
8.       Kalau sudah dipotong, haluskan di setiap pinggirnya dengan amplas halus/kikir halus. Harus serapih mungkin ya, kalau bikinan saya gak rapih.
 
 

9.       Cek dahulu dengan teliti sebelum memasangnya kembali. Pasang seperti di gambar. Jangan takut lupa masangnya ya.
 
 

10.   Setelah terpasang semua, setel kembali Karbulatornya. Rasakan Khasiatnya!! Jangan lupa safety ridingnya ya.
 
Yang saya rasakan perbedaanya saat pada RPM bawah lebih isi tenaganya, dan suara lebih teratur. Saat RPM tinggi enak banget. Gimana kalau aslinya ya?.  Hasilnya mungkin berbeda sesuai dengan spek yang udah diubah. Kondisi motor saya hanya mengganti knalpot saja selebihnya standar semua. Jadi dalam kondisi standar seperti saya tenaga berubah tidak terlalu signifikan. Sekali lagi, ini hanya sebuah percobaan, keawetan membrane belum dibuktikan jadi saya Cuma iseng doang ya. hehehe
 
Sampai sini saja saya Sharing nya. Mohon dikoreksi  jika ada yang salah. Makasih bro udah
mampir. KEEP SAFETY RIDING ya!!

 
 

13 komentar:

  1. Makasih infonya bro. Akan lebih baik kalau dapat ditampilkan gambaran grafik hasil Dyno test sebelum dan sesudah pengantian membran. Jadi kelihatan jelas bedanya di rpm berapa tenaga yg dihasilkan optimal. By the way, nice info.

    BalasHapus
  2. @DwiBudi, ampun bro modal dynotest gak cukup....hehehe
    @ekatheflavamint, makasih bro sudah mampir kesini.
    salam.

    BalasHapus
  3. magsud nya gan jadi 2 gituh memberan nya

    BalasHapus
  4. ini saya juga mau coba pke dobel membran tp agak sdikit berbeda dibutuhkan 6 lbr lidah membran atau 3 pasang membran.
    1. Membrn utama
    2. Skt membran
    3. Pendobelnya
    kira kira hasil nya sma gak ya

    BalasHapus
  5. Keren keren terus ber bagi bro moga ilmumu makn bertambah lagi mantap

    BalasHapus
  6. Om itu kan reed membran cuma satu klo std kan. Trus hrus beli dlu apa gmna

    BalasHapus
  7. Om itu kan reed membran cuma satu klo std kan. Trus hrus beli dlu apa gmna

    BalasHapus
  8. Kalo masih knalpot standar bisa ubah seperti yg di gambar ini ga om thx om sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  9. Klo nyeting membran yg di tiup" itu biar apa bro ??

    BalasHapus
  10. Sebenarnya Stelan membran yg benar harus gimana yahc, apa terbuka atau tertutup
    Mksh sblmnya

    BalasHapus
  11. Setuju kalau lidah membran didouble jadi membantu pada saat putaran atas terasa lebih isi tenaganya

    BalasHapus
  12. Klo pasang membran boyesen apakah stopper bawaan tetep dipasang? Krn d produk boyesen dapet plat sendiri

    BalasHapus