Jadi gini loh, ketika motor kita yang telah berubah spek mesinya atau meng-upgrade mesin , pasti membutuhkan asupan bensin yang lebih banyak. Oleh karena itu dibutuhkan proses Jetting alias penggantian ukuran spuyer ( jet ) yang lebih besar. Namun bukan hanya spuyer saja yang diubah, pengaturan ketinggian pelampung juga wajib diperhatikan.
Pelampung berguna untuk mengatur seberapa banyak bensin yang masuk pada mangkuk reservoir. Jadi cara kerjanya saat bensin masuk, bensin memenuhi mangkuk reservoir, Pelampung pun naik sampai batas ketinggian bensin yg ditentukan. Saat tercapai, plat pelampung menekan katup bensin, sehingga menutup masuknya bensin ke mangkuk reservoir.
Nah, Terus bagaimana pengaruh terhadap setelan karburator?
Semakin tinggi/penuh bensin pada mangkuk karburator, semakin banyak pula bensin yang masuk. Sehingga campuran bahan bakar menjadi lebih basah/rich. Begitu pula sebaliknya. Ini dikarenakan nozzle dan mainjet dipenuhi dengan bensin sehingga saat kondisi vakum, bensin lebih mudah tersedot. Ah gitu deh pokoknya...
Kapan dibutuhkan untuk menaikkan pelampung?
Saat dibutuhkan spuyer yang lebih besar, maka asupan bensin pada mangkuk karburator lebih banyak. Jika volume bensin pada mangkuk kurang, maka saat akselerasi, bensin pada mangkuk bisa habis tersedot, sehingga mesin bisa batuk/mati karena tak ada asupan bensin.
Monggo fotonya...
klik gambar untuk memperbesar |
klik gambar untuk memperbesar |
Cukup di bengkokan saja untuk mengaturnya, dikit saja, jangan sampai patah bro. Nah untuk yang plat berbahan plastik, tidak bisa dibengkokkan. Maka untuk menyetelnya, amplas tumpuan pegas ( lihat foto ) sampai ketinggian yang ditentukan, atau bisa juga memanaskan plastik tersebut ( tapi kurang dianjurkan, takutnya meleleh ).
klik gambar untuk memperbesar |
Untuk menyetelnya memang harus dengan kesabaran bro. capek sih bongkar, setel, bongkar, setel. Pokoknya harus pas dan tidak berlebihan agar bensin tidak tumpah. Hasilnya akan terasa saat akselerasi, jadi lebih berisi tarikanya.
Udah ah, sampai disini saja, Terimakasih bro semua dah mampir kesini. Salam...
Bikin review ttg 4tak dong broww klo bisa sama pengajaran safety riding, dan akibat kecelakaan huehehehee
BalasHapusSip bro masukanya. Coming soon : )
BalasHapusArtikel yg bagus ga asal copas kayak yg lain :)
BalasHapusTenang bro. Semua ilmu gratis disini. Hihihi jadi malu saya. Salam bro...
BalasHapusSip gan mantaf ni ga asal buat artikel
BalasHapustergantung jenis pelampungnya mas bro....., untuk pelampung plastik lebih sulit karena tidak bisa dibengkokkan....., haya bisa ditambal....., kalau tambalan ketebalan besin kurang, tapi kalau ketipisan bensin kebanyakan....., kalau pelampung plat besi (biasanya 2 tak / 2 langkah ) ma mudah.....
BalasHapusGanti karbu bawaan pake aftermarket wkwkwk
Hapusaduhhh.. aku perlu tinggikan lgi la ni pelampungnya... hari itu turunkan sebab overflow.. pulas minyak lebih dari suku, semput terus mtornya.. salam dari malaysia..
BalasHapusaduhhh.. aku perlu tinggikan lgi la ni pelampungnya... hari itu turunkan sebab overflow.. pulas minyak lebih dari suku, semput terus mtornya.. salam dari malaysia..
BalasHapusBos .. Apa karna stelan lengkuk'nya kebanyakan sehingga carbu menjadi berkeringat dingin stelah gas pool.. ???
BalasHapusSaya mau tanya boss... klau karbu sering banjir dan bensin kluar dari pembuangan itu apanya ya boss?
BalasHapuscek mangkuk dl bro ada remebesan/tidak, bisa krn kropos, selanjutanya baru ke daerah pelampung
HapusBang kalau motor. Pas dingin susah idup apanya ya?
BalasHapusPilot jet kekecilan, klo karbu vakum yg ada membran diafragma pasti sobek tu membran, wajib ganti
Hapusbro saya mau tanya motor saya (2tak) kalo digas pol kira" 200m tiba-tiba berhenti kayak kehabisan suplai bahan bakar itu kenap ya . apa karene stelan pelampungnya kurang tinggi?
BalasHapusBrother, saya punya Skywave 125, saat bensin Full Tang, tarikan mesin agak berat, dan saat bensin mulai berkurang tinggal 1/4 tarikan mesin jadi ringan dan bertenaga. Apakah saat bensin Full tang karburator meyedot minyak lebih banyak. sebaliknya demikian? atau setelan jarum minyaknya makin digeser keatas? Bro yang pasti karbu saya Karburator Vakum. Tolong Infonya ke rahmatlanongko@gmail.com.
BalasHapusMas bro ane setting pelampung malah gk bs nyala lg motornya,pdhl posisi udh di pasang seperti semula
BalasHapusknp ya..
bg mau nanya ni kok minyak dari tangki gamau kluar/masuk ke karbu ya? padahal selang bensin aman aman aja dan lubang pada tutup tangki juga aman aman aja...pas diidupin malah naik gasnya... kalo karbunya ditutup gasnya turun tapi mesin tetap hidup tanpa mengelurkan bensin sedikitpun dari karbu yg sayabtutup tadi...pencerahannya dong bg gabisa hidup motor saya ini
BalasHapusApabila selang pembuangan ada bensin yang menetes ini berarti kinerja jarum pelampung sudah tidak normal. Hal ini karena ujung jarum pelampung sudah tidak bisa menutup rapat pada dudukannya sehingga masih ada celah untuk bensin mengalir ke luar. Untuk mengatasi hal ini ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu mengganti jarum pelampung dengan yang baru dan membersihkan bagian dalam dudukan jarum pelampung dengan menggunakan obeng (+) plus ukuran paling kecil seperti melakukan skir. Cara kedua dengan menambahkan pelat atau amplas untuk mengganjal dudukan jarum pelampung agar pada saat jarum pelampung dipasang bisa lebih rapat terhadap dudukannya. Semoga dengan cara tersebut bisa di jadikan solusi masalah anda ini.
BalasHapus