Selasa, 22 Juli 2014

Kenali ciri-ciri Gasket Head Bocor

Tapi ini ciri-ciri buat mesin 2tak yang berpending air ya, hehe . Fungsi gasket ( orang biasa sebut paking/seal ) yaitu menyatukan antara 2 bidang untuk mencegah material masuk, seperti oli dan air coolant. Pada saat gasket tersebut rusak atau bocor, maka air atau oli yang tidak seharusnya masuk ke pembakaran malah jadinya membuat proses pembakaran jadi terganggu. Air coolant yang ikut terbakar menjadikan campuran bensin jadi rich, setelan karburator jadi terasa basah.

klik gambar untuk memperbesar

 Nih dia ciri – cirinya.

- Keluar asap banyak dari knalpot, ujung knalpot berlendir oli..
- Kadang terlihat kebocoran pada sekitar head cylinder.
- Berkurangnya volume air coolant pada tabung reservoir.
- Mesin bersuara brebet / tidak stabil.
- Busi berwarna hitam tertutup oli, busi mati.

Nih bro ada contohnya, monggo

klik gambar untuk memperbesar

klik gambar untuk memperbesar
Pada cylinder head terlihat banyak cairan yang tidak habis terbakar, menjadi lendir hitam yang bercampur oli samping. Biasanya gasket rusak disebabkan oleh umur gasket dan kualitas gasket itu sendiri. Dan sangat direkomendasikan untuk memakai gasket Original asli.

Eeitt, jangan lupa, saat terjadi masalah ini, lendir hitam tadi sudah menjalar ke seluruh tubuh, huehehe. Mulai dari cylinder head, Mekanisme KIPS, Knalpot, sekaligus Glasswool knalpot. Nah ini dia PRnya. Mau enggak mau harus dibersihkan semua memang jika kondisinya sudah parah berlendir oli. Kalau tidak bakal keluar lebih banyak asap dibandingkan kondisi normalnya.

Hayo, diperiksa mesinnya, kan kasihan, Sudah berasap lambat lagi Huehehe

Salam bro.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar